Yulistiana, Nindi Nur Imawati (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INSTALASI JARINGAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TKJ DI SMK N 1 PUNDONG. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Yulistianan Nindi 16.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-learning berbasis moodle dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran instalasi jaringan lokal kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK N 1 Pundong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK N 1 Pundong yang berjumlah 63 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung taraf kesukaran dan daya beda, selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis). . Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penggunaan e-learning berbasis moodle cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran instalasi jaringan lokal kelas x program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Pundong. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 80,13 dengan kriteria sedang lebih besar dari nilai rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 71,87 dengan kriteria sedang. Kata Kunci: E-learning, Moodle, hasil belajar, instalasi jaringan lokal, efektivitas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 01:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44278 |
Actions (login required)
View Item |