PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG PADA SISWA KELAS VII E SMPN 2 BANJARNEGARA

MILA KARIMAH, MUARIFAH (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG PADA SISWA KELAS VII E SMPN 2 BANJARNEGARA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Muarifah Mila Karimah_07201244101.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG PADA SISWA KELAS VII E SMPN 2 BANJARNEGARA oleh MUARIFAH MILA KARIMAH NIM 07201244101 ABSTRAK Penelitian ini berjudul ”Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Pengamatan Objek secara Langsung pada Siswa Kelas VII E SMPN 2 Banjarnegara”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan metode pengamatan objek secara langsung pada siswa kelas VII E SMPN2 Banjarnegara. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 32 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode pengamatan objek secara langsung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes bercerita, angket, wawancara, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, lembar pengamatan, catatan lapangan, lembar penilaian keterampilan bercerita serta dokumentasi kegiatan. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pengamatan objek secara langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII E SMPN 2 Banjarnegara yang tampak pada meningkatnya kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh adanya keaktifan siswa, antusias dan semangat dari siswa, dan fokus siswa kepada pembelajaran. Pada tahap pratindakan, siswa terlihat malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu mereka juga lebih suka bercanda dan bermain-main dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Pada tahap siklus I siswa yang malas dan kurang bersemangat mulai berkurang. Siswa yang bercanda dan main-main juga mulai berkurang. Pada tahap siklus II, siswa lebih memperhatikan pembelajaran, tidak bermain-main, bercanda, dan bersenda gurau. Siswa juga lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil bercerita siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata bercerita siswa pada setiap siklus. Pratindakan skor rata-rata sebesar 2,91 atau 62,72%. Siklus I skor rata-rata sebesar 24,65 atau 70,43%, dan pada siklus II skor rata-rata siswa menjadi 26,35 atau 75,28%. sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas VII E SMP SMPN 2 Banjarnegara, telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan metode pengamatan objek secara langsung. Kata Kunci : Peningkatan, Keterampilan, Menulis, Puisi, Metode Pengamatan Objek secara Langsung, Siswa SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keterampilan, Menulis, Puisi, Metode Pengamatan Objek secara Langsung, Siswa SMP.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44231

Actions (login required)

View Item View Item