UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA

Anantari, Gita (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Gita Anantari_06201241017.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XC SMA N 5 YOGYAKARTA Oleh Gita Anantari NIM 06201241017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XC SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri 5 Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Data diperoleh dengan teknik pengamatan, catatan lapangan, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes menulis cerpen. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui tanya jawab dengan teman sejawat dan triangulasi. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah perbaikan, baik terkait dengan guru maupun siswa dalam hal proses maupun produk. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XC SMA Negeri 5 Yogyakarta mendapat tanggapan positif dari guru dan siswa. Guru memberikan apresiasi yang tinggi atas pembelajaran menulis cerpen melalui PBM. Siswa pun merasa lebih senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Kedua, PBM dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XC SMA Negeri 5 Yogyakarta dalam menulis cerpen. Ini terlihat dari nilai rata-rata yang meningkat pada siklus I dan siklus II. Pada saat pratindakan, rata-rata nilai siswa adalah 62. Pada akhir siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 69,85, dan pada akhir siklus II nilai rata-rata mencapai 72,79. Dengan demikian, nilai rata-rata menulis cerpen mengalami peningkatan sebesar 16,86 % dari pratindakan hingga siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CERPEN, SMA N 5 YOGYAKARTA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 05 Dec 2016 03:51
Last Modified: 30 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44222

Actions (login required)

View Item View Item