Efektivitas Studi Lapangan Di Kawasan Mangrove Melalui Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sma Di Kota Mataram.

Widiani, Aprilliana (2016) Efektivitas Studi Lapangan Di Kawasan Mangrove Melalui Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sma Di Kota Mataram. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aprilliana-widiani-14727251005.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas studi lapangan di kawasan mangrove melalui pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa sma di kota mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi penelitian ini yaitu seluruh SMA Negeri di Mataram dengan sampel yaitu SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 3 Mataram. Analisis data menggunakan paired t-test dan independent-t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum (rerata 49,86) dan sesudah (rerata 76,11) diberikannya metode pada taraf t hitung 15,489 signifikansi. Hal ini mengartikan bahwa penerapan metode studi lapangan dapat meningkatkan hasil belajaran geografi siswa. Metode studi lapangan efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa pada taraf signifikansi dan t hitung 2,868. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada metode pembelajaran studi lapangan yaitu 76,11 dan hasil belajar siswa kelas indoor study yaitu 67,68. Terdapat perbedaan yang nyata dari gain score hasil belajar siswa pada kedua kelompok perlakuan. Nilai rata-rata gain score pada metode pembelajaran studi lapangan yaitu 0,51 dan hasil belajar siswa kelas indoor study yaitu 0,38. Hal ini dapat diartikan bahwa metode studi lapangan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode Lapangan, Metode Indoor, Hasil Belajar Geografi
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:43
Last Modified: 09 May 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44164

Actions (login required)

View Item View Item