PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTIONI(PBI) DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN TUKANGAN

Huda, Fahrudin Alfi (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTIONI(PBI) DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN TUKANGAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Fahrudin Alfi Huda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Problem Based Instruction dengan media gambar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA SD Negeri Tukangan Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Instruction dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan rata-rata dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70. Pada pra tindakan siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 sebanyak 8 orang siswa atau sebesar 32% (ketercapaian hasil belajar rendah). Dalam siklus I mengalami peningkatan menjadi 14 orang siswa atau sebesar 56%(ketercapaian hasil belajar sedang). Begitu juga untuk siklus II sebanyak 22 siswa atau 80%(ketercapaian hasil belajar sangat tinggi) mendapatkan nilai ≥ 70. Kata Kunci : hasil belajar IPS, problem based instruction, media gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:48
Last Modified: 30 Jan 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44128

Actions (login required)

View Item View Item