PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN PRESENTASI BERBASIS FLASH UNTUK MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Ardani, Pramono (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN PRESENTASI BERBASIS FLASH UNTUK MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
PRAMON0 14.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Siswa-siswi kelas XI multimedia mengalami kesulitan dalam menggunakan Adobe Flash CS3 dan belum ada pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mempermudah proses pembuatan presentasi multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Pembuatan Presentasi Berbasis Flash untuk Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian Multimedia Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, dan (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pembuatan Presentasi Berbasis Flash untuk Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian Multimedia Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara berdasarkan kualitas kebergunaan media (usability). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Luther. Model pengembangan Luther terdiri dari 6 tahap yaitu: (1) concept, (2) design, (3) material collecting, (4) assembly, (5) testing, dan (6) distribution. Pengujian dilakukan dengan dua tahap pengujian yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Pada pengujian alpha digunakan aspek kualitas isi dan tujuan, konten, dan kualitas instruksional untuk pengujian ahli materi serta aspek kualitas teknis dan desain interface untuk pengujian ahli media. Pada pengujian beta, pengujian dilakukan kepada siswa (pengguna akhir) menggunakan aspek usability ISO 9241 part 11 dengan mengikuti paket kuesioner USE yang dikembangkan oleh Lund (2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif pembuatan presentasi multimedia berbasis Flash telah dapat dikembangkan dan diimplementasikan dengan baik, dan (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli materi sebesar 88,04 % dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 83,03 % dengan kategori sangat layak, dan penilaian siswa terhadap media pembelajaran sebesar 86,21 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran interaktif pembuatan presentasi multimedia berbasis Flash layak digunakan sebagai alat bantu mengajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Presentasi Multimedia, kelayakan, usability

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Dec 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44086

Actions (login required)

View Item View Item