Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Lingkungan Kerja, dan Komitmen Guru dengan Kinerja Guru di SMP se Kabupaten Bantul

Surana, Marius R. (2010) Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Lingkungan Kerja, dan Komitmen Guru dengan Kinerja Guru di SMP se Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-marius-r-surana-01735163.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja guru, lingkungan kerja, dan komitmen guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru, (2) pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja guru, lingkungan kerja, dan komitmen guru secara parsial terhadap kinerja guru, dan (3) faktor dominan yang berpengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni penelitian yang menekankan analisisnya pada data numerik (angka) yang diolah dengan metode statistik. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri sekabupaten Bantul yang berjumlah 1788 guru. Sampel penelitian berjumlah 180 guru yang diambil dari 9 sekolah, masing-masing diambil 20 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified proporsional random sampling. Data yang dikumpulkan berupa data primer yakni melalui pengisian kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik regresi berganda dengan cara simultan dan parsial. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah, motivasi guru, lingkungan kerja, dan komitmen guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Kabupaten Bantul. Hal itu ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 30,269 (p < 0,000), keeratan hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah, motivasi guru, lingkungan kerja, dan komitmen guru dengan kinerja guru SMP ditunjukkan dengan Nilai Adjusted R2 yang diperoleh sebesar 0,395. Ini berarti bahwa sebesar 39,5 persen kinerja guru dipengaruhi secara bersama-sama oleh kemampuan manajerial kepala sekolah, motivasi guru, lingkungan kerja, dan komitmen guru. Sementara itu, sebesar 60,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya faktor keahlian, ketersediaan sarana dan prasarana sekolah, faktor usia, dan lain-lain. Hasil pengujian secara parsial memperlihatkan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah, motivasi guru, lingkungan kerja, dan komitmen guru secara individual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SMP di Kabupaten Bantul. Hal itu ditunjukkan oleh kemampuan manajerial kepala sekolah dengan nilai thitung 2,548 dengan nilai beta sebesar 0,143 (p < 0,01), SE sebesar 3,5%, dengan keeratan hubungan sebesar (r) 0,189; motivasi guru dengan nilai thitung 3,308 dengan nilai beta sebesar 0,271 (p < 0,001), keeratan hubungan sebesar (r) 0,243, SE sebesar 5,9%; lingkungan kerja dengan nilai thitung 2,889 dengan nilai beta sebesar 0,129 (p < 0,004), keeratan hubungan sebesar (r) 0,213, SE sebesar 4,5%; komitmen guru dengan nilai thitung 4,864 dengan nilai beta sebesar 0,371 (p < 0,000), keeratan hubungan sebesar (r) 0,345, SE sebesar 11,9%. Komitmen guru berpengaruh lebih kuat terhadap kinerja guru. Hal itu ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (Beta) sebesar 0,371.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemamapuan manajerial, kepala sekolah, motivasi guru, lingkungan kerja, komitmen guru, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2016 00:06
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43696

Actions (login required)

View Item View Item