Pemberdayaan Pengawas Sekolah Menengah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua

Sarwono, Joko (2010) Pemberdayaan Pengawas Sekolah Menengah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-joko-sarwono-07703251016.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: upaya pengawas dalam mengembangkan diri sebagai pengawas pendidikan; regulasi Permendiknas No. 12 Tahun 2007 oleh Pemerintah dan Komisi C (III) DPRD Kabupaten Biak Numfor dalam rangka pemberdayaan Pengawas sekolah; tugas pokok dan fungsi pengawas dapat memberi jaminan bagi kesempatan, fleksibilitas, dan kreatifitas dalam menjalankan tugas kepengawasan; upaya dinas pendidikan dalam penyediaan SDM untuk mendukung pelaksanaan tugas kepengawas; program-program pelatihan yang diperuntukkan bagi peningkatan kompetensi pengawas; dan jalur-jalur komunikasi dan kerjasama dalam meningkatkan SDM pengawas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan ini mengungkapkan atau melukiskan secara akurat dan menginterprestasikan kondisi riil pemberdayaan pengawas sekolah secara internal maupun pemberdayaan yang dilakukan oleh pihak lain (eksternal) dalam hal ini pemerintah dan DPRD Kabupaten Biak Numfor. Metode pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data. Model analisis data adalah analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, displai, dan verivikasi atau kesimpilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) Pemberdayaan oleh diri sendiri dilakukan dengan membaca buku dan brosur baik cetak maupun elektronik, mengikuti rapat koordinasi, dan mengikuti pelatihan. Pemberdayaan oleh diri sendiri belum optimal karena kualifikasi dan kompetensi pengawas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepengawasan belum komprehensif. (b) Pemberdayaan oleh pihak lain dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan DPRD mengacu Permendiknas No. 12 Tahun 2007 belum optimal karena terhambat oleh kondisi geografis di Papua, infrastruktur yang terbatas, pendanaan belum merupakan skala prioritas dan belum ada perda khusus pendidikan yang mendukung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengawas sekolah, mutu pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2016 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43573

Actions (login required)

View Item View Item