Peran PGRI dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Kabupaten Bantul

Hardjanto, Endah (2010) Peran PGRI dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endah-hardjanto-01735143.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran PGRI dalam meningkatkan profesionalitas guru di Kabupaten Bantul, dan (2) hambatan PGRI dalam melaksanakan perannya untuk meningkatkan profesionalisme guru di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari pengurus PGRI dan anggota PGRI yakni guru-guru yang ada di Kabupaten Bantul. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan catatan ringkas, kegiatan kategorisasi, kegiatan koding, catatan margin dan menafsirkan data. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa peran PGRI Kabupaten Bantul dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru belum optimal khususnya mengenai evaluasi tidak dilakukan secara berkala, pemantauan tidak dilakukan secara berkala. Peran PGRI Kabupaten Bantul dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru ditunjukkan dengan sejumlah program dan semuanya sudah dilaksanakan namun hasilnya belum optimal khususnya dalam hal: pengadaan pelatihan kepemimpinan hanya dilaksanakan satu kali, tidak semua guru mendapat pembelaan, penyuluhan tidak dilaksanakan secara berkala. Peran PGRI dalam meningkatkan kompetensi sosial ditunjukkan dengan program dalam menjalin hubungan dengan masyarakat dan sesama rekan guru serta siswa. Program-program tersebut belum optimal khususnya dalam pengadaan KKG, MGMP tidak terprogram, pelaksanaan pertandingan olahraga tidak terprogram, kunjungan siswa masih rendah. Peran PGRI Kabupaten Bantul dalam meningkatkan kompetensi profesional guru ditunjukkan melalui program-program yang dimiliki PGRI namun belum optimal khususnya: pengadaan diklat belum terprogram, pelaksanaan diklat penulisan karya tulis sangat jarang, evaluasi terhadap diklat jarang dilakukan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa peran PGRI Kabupaten Bantul dalam meningkatkan profesionalisme guru selama ini belum berjalan dengan efektif. Hal itu disebabkan adanya beberapa kendala atau hambatan yang dialami PGRI Kabupaten Bantul yakni: (1) keterbatasan dana dimana PGRI Kabupaten Bantul selama ini belum memiliki sumber dana yang dapat diandalkan secara berkesinambungan, (2) rendahnya kesadaran guru terhadap makna PGRI, banyak guru yang enggan atau tidak mendaftar sebagai anggota PGRI, (3) keterbatasan waktu yang dimiliki anggota dan pengurus, dan (4) adanya pandangan yang keliru dari sejumlah guru mengenai PGRI yakni guru beranggapan bahwa PGRI merupakan perkumpulan para guru Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PGRI, profesionalitas guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:32
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43529

Actions (login required)

View Item View Item