PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPORATIF JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK NASIONAL BERBAH TAHUN AJARAN 2015/2016

Arif, Rianto (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPORATIF JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK NASIONAL BERBAH TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arif Riantoi 11520241001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Jigsaw II dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SMK Nasional Berbah dan bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw II di kelas X TKJ SMK Nasional Berbah tahun ajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran Mendiagnosis Permasalahan PC melalui Model pembelajaran kooperatif Jigsaw II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ B SMK Nasional Berbah yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini yaitu peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Mendiagnosis Permasalahan PC. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw II dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dibuktikan pada siklus 1 rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yaitu 70,09%. Pada siklus 2 rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yaitu 84,97%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh kegiatan belajar siswa yang mengarahkan siswa ke aktivitas belajar yang lebih baik. Aktivitas tersebut seperti siswa dibagikan dalam kelompok dan memilih 1 bagian untuk diselesaikan kemudian siswa yang mengerjakan tugas yang sama berkumpul dengan siswa dari kelompok lain untuk bersama-sama berdiskusi dan menjawab tugas. Setelah itu siswa kembali ke kelompok awal untuk menyampaikan apa yang telah didiskusikan dengan kelompok sebelumnya dan beberapa kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw II efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X TKJ B SMK Nasional Berbah dalam mata pelajaran Mendiagnosis Permasalahan PC melalui Model pembelajaran kooperatif Jigsaw II. Kata kunci: Jigsaw II, aktivitas belajar siswa, siklus 1 dan 2

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:20
Last Modified: 30 Jan 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43391

Actions (login required)

View Item View Item