PERSEPSI TENTANG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DAN PRESTASI MATA PELAJARAN K3 DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Yunita, Astuti (2014) PERSEPSI TENTANG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DAN PRESTASI MATA PELAJARAN K3 DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yunita Astuti 09505241012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara persepsi siswa tentang K3 dengan kesiapan kerja, (2) hubungan prestasi mata pelajaran K3 dengan kesiapan kerja, (3) hubungan bersama-sama antara persepsi siswa tentang K3 dan prestasi mata pelajaraan K3 dengan kesiapan kerja, (4) besarnya sumbangan efektif dan sumbangan relatif persepsi tentang K3 dan prestasi mata pelajaran K3 terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Bangunan SMK N 2 Pengasih yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 71 siswa ditentukan dengan tabel dari Isaac dan Michael, selanjutnya sampel disetiap kelas ditentukan dengan teknik sampling proporsional. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang K3 terhadap kesiapan kerja dengan Rx1y = 0,474; (p) 0,00 < 0,05 pesamaan garis regresinya Y = 27,41 + 0,432 X, (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi mata pelajaran K3 terhadapkesiapan kerja dengan Rx2y = 0,009; (p) 0,939 >0,05 pesamaan garis regresinya Y = 54,19 + 0,018 X, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang K3 dan prestasi mata pelajaran K3 secara bersamasama terhadap kesiapan kerja dengan Ry(1,2) = 0,475; (p) 0,00 <0,05 pesamaan garis regresinya Y = 21,331 + 0,434 X1 + 0,075 X2, (4) besarnya sumbangan efektif kedua variabel sebesar 22,55% dan sumbangan relatif untuk variabel persepsi tentang K3 terhadap kesiapan kerja sebesar 99,80% dan prestasi mata pelajaraan K3 sebesar 0,2%. Kata kunci: persepsi, prestasi K3, dan kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43273

Actions (login required)

View Item View Item