Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Menjadi Wirausaha Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2013/2014

Yunianto, Yunianto (2014) Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Menjadi Wirausaha Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yunianto 07505241003.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, (2) prestasi praktik kerja industri (Prakerin) siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, (3) kesiapan menjadi wirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, (4) besarnya pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan menjadi wirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, (5) besarnya pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan menjadi wirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, (6) besarnya pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif dan prestasi Prakerin secara bersama-sama terhadap kesiapan menjadi wirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XII Teknik Gambar Bangunan 1 dan 2 SMK Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2013-2014 yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitian ini perjumlah 55 siswa dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner/angket. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus product moment correlations dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: Prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa TGB SMKN 1 Seyegan terbagi menjadi 3 kategori yaitu, 4 siswa (7.27%) dinyatakan baik, 47 siswa (85.46%) dinyatakan cukup dan 4 siswa (7.27%) dinyatakan kurang, (2) Prestasi Parkerin siswa TGB SMKN 1 Seyegan memilki 2 kategori yaitu sebanyak 33 (60%) siswa dalam kategori baik dan 22 (40%) siswa dalam kategori cukup, (3) Kesiapan menjadi wirausaha siswa TGB SMKN 1 Seyegan memilki 3 kategori yaitu, 24 (43.6%) siswa memiliki kesiapan yang baik, 29 (52.8%) siswa dalam kategori cukup dan 2 (3.6%) siswa dalam kategori kurang, (4) Terdapat pengaruh signifikan prestasi belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan menjadi wirausaha yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3,198 pada taraf signifikansi 5% (thitung>ttabel) yaitu 3,198>2,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,846; (5) Terdapat pengaruh signifikan prestasi Prakerin terhadap kesiapan menjadi wirausaha yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 6,836 pada taraf signifikansi 5% (thitung> ttabel) yaitu 5,187>2,000 dan koefisien korelasi sebesar 1,667; dan (6) Terdapat pengaruh signifikan prestasi belajar mata pelajaran produktif dan prestasi Prakerin secara bersama-sama terhadap kesiapan menjadi wirausaha siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 34,366 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,14 dan koefisien korelasi 0,728. Kata kunci: Prestasi Belajar, Praktik Kerja Industri (Prakerin), Kesiapan Menjadi Wirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43270

Actions (login required)

View Item View Item