PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET PEMBELAJARAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SDN JOLOSUTRO BANTUL

Handayani, Nuri (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET PEMBELAJARAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SDN JOLOSUTRO BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nuri Handayani_12105244005.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kuartet pembelajaran budaya Indonesia yang layak digunakan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SDN Jolosutro Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg&Gall sembilan tahapan. Subjek uji coba ialah siswa kelas IV SDN Jolosutro Bantul tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi serta ahli media dan angket siswa. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan media kartu kuartet pembelajaran budaya Indonesia telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan pengembangan Borg&Gall. Media kartu kuartet pembelajaran budaya Indonesia telah dinyatakan layak. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi materi yang dilakukan mendapatkan kategori “sangat baik” (3,8). Validasi media yang dilakukan mendapatkan kategori “sangat baik” (3,9). Uji coba media dilakukan 3 tahap dengan hasil uji coba lapangan awal mendapatkan kategori “layak” (0,97), uji coba lapangan utama mendapatkan kategori “layak” (0,93), dan uji coba lapangan operasional mendapatkan kategori “layak” (0,95).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 03 Nov 2016 00:33
Last Modified: 30 Jan 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43070

Actions (login required)

View Item View Item