Interaksi Sosial Para Pedagang Ketela di Pasar Telo Karangkajen (PTK Yogyakarta)

Sulchani, Anna (2016) Interaksi Sosial Para Pedagang Ketela di Pasar Telo Karangkajen (PTK Yogyakarta). S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
skripsiI_09413244029.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial yang terjadi di Pasar Telo Karangkajen (PTK) Yogyakarta yang beralamat di jalan imogiri barat km. 16, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi para pedagang ketela melakukan interaksi sosial dengan sesama pedagang di pasar. Peneliti memilih Pasar Telo Karangkajen karena peneliti ingin menggali aktivitas pasar yang terkenal dengan pasar khususnya yakni khusus ketela dan dengan kondisi pasar yang telah di revitalisasi. Selama kurang lebih satu tahun pasar ini dalam proses revitalisasi dan baru selesai pada bulan Desember tahun 2014.. Penelitian ini menggunakan metode penelitain kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mencari informasi secara mendalam. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang di gunakan adalah purposive sampling. Keabsahan data di lakukan dengan teknik triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisi interakstif dari Miles dan Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian di ketahui bahwa dengan adanya bentuk interaksi sosial yang mencakup interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Interaksi sosial asosiatif yaitu suatu bentuk proses sosial yang menjurus ke kerjasama seperti dengan adanya kegiatan-kegiatan bulanan yang di lakukan para pedagang, syawalan, rapat bulanan, kesepakatan waktu bekerja antara pedagang ketela dan buruh panggul, terkait pelanggan masing-masing kios. Interaksi sosial disosiatif meliputi persaingan dalam memperoleh konsumen, konflik yang terjadi antar pedagang dengan buruh panggul dan perbedaan hasil pendapatan. Dengan adanya interaksi sosial di Pasar Telo Karangkajen memunculkan interaksi yang bersifat positif ataupun negatif. Faktor yang berhubungan dengan pedagang melakukan interaksi adalah rasa ketergantungan dan rasa kebutuhan yang harus di penuhi setiap insan termasuk pedagang. Kata Kunci : Interaksi Sosial, Pasar, Pedagang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 14 Oct 2016 00:45
Last Modified: 30 Jan 2019 11:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42324

Actions (login required)

View Item View Item