Titi, Wiranti (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI PELAYANAN PRIMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
Titi Wiranti 11513242001.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN KOMPETENSI PELAYANAN PRIMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA Titi Wiranti NIM. 11513242001 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah megetahui 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam peningkatan kompetensi pelayanan prima kelas X; 2) keaktifan belajar siswa kelas X dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam peningkatan kompetensi pelayanan prima.; 3) peningkatan kompetensi pelayanan prima melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk siswa kelas X . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart dengan tiga tahapan yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan dan Pengamatan, (3) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Berbah yang berjumlah 21 siswa dengan subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling, objek penelitian ini adalah peningkatan kompetensi memberikan bantuan kepada pelanggan internal dan eksternal. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan kepada judgement expert dan uji reliabilitas dengan rumus alfa Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kompetensi pelayanan prima yang dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (b) menyajikan informasi, (c) mengorganisasikan siswa dalam kelompok kooperatif , (d) diskusi kelompok, (e) evaluasi dan (f) memberikan penghargaan; hasil yang dicapai pada pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 72,4% pembelajaran terlaksana dengan baik dan meningkat pada siklus II menjadi 96,65% pembelajaran terlaksana dengan sangat baik 2) Aktivitas belajar siswa tercapai dalam kategori aktif yaitu terdapat 17 siswa (80,95%) tergolong aktif dan 4 siswa (19,05%) tergolong cukup aktif; 3) Kompetensi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14%, terbukti 21 siswa (100%) tergolong tuntas dan dari nilai rata-rata yang dicapai siklus I 70,67 dan meningkat menjadi 79,62 pada siklus II; Dengan demikian kompetensi belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI terbukti. Artinya melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada kompetensi memberikan bantuan kepada pelanggan internal dan eksternal dapat tercapai sesuai kriteria KKM 70. Kata Kunci : Kompetensi, memberikan bantuan kepada pelanggan internal dan eksternal, model pembelajaran kooperatif tipe TAI
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 01:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42289 |
Actions (login required)
View Item |