BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN KELAS X

Tika, Ekaningrum K.A. (2016) BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN KELAS X. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tika Ekaningrum K.A - 07520241022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN KELAS X Oleh : Tika Ekaningrum K.A. NIM.07520241022 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan buku sekolah elektronik berbasis multimedia sebagai sumber belajar untuk SMK kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas X dan (2) mengetahui kelayakan buku sekolah elektronik berbasis multimedia sebagai sumber belajar untuk SMK kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas X. Dua pertanyaan penelitian yang diajukan berhubungan dengan kedua tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Objek penelitian ini adalah buku sekolah berbasis multimedia untuk SMK kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas X. Tahap pengujian dilakukan terhadap kelayakan produk sebagai sumber belajar. Validasi ahli dilakukan oleh dosen ahli materi dan ahli media pembelajaran untuk mendapatkan masukan saran mengenai kelayakan media dari segi materi maupun media. Pengujian kelayakan dilakukan dengan metode kuesioner kepada guru dan siswa SMK Nasional Berbah Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor skala lima (skala Likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini: (1) pengembangan buku sekolah elektronik berbasis multimedia terdiri atas beberapa tahap yaitu tahap analisa, desain, implementasi, ujicoba, revisi, dan produk akhir (2) hasil penilaian kelayakan buku sekolah elektronik berbasis multimedia dari ahli materi mendapat rerata skor sebesar 4,1 dengan presentase 81% (sangat baik). Hasil penilaian ahli media mendapat rerata skor sebesar 4,45 dengan presentase 89% (sangat baik). Hasil penilaian guru mendapat rerata skor sebesar 4,375 dengan resentase 87,5% (sangat baik). Hasil penilaian siswa terhadap buku sekolah elektronik mendapat rerata skor 3,88 dengan presentase 77,6% (baik). Kata kunci : Buku sekolah elektronik, multimedia, teknik komputer dan jaringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42279

Actions (login required)

View Item View Item