Evaluasi Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Menggunakan KTSP dan K-13 di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul.

Fithriyyati, Nilia (2016) Evaluasi Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Menggunakan KTSP dan K-13 di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nilia-fithriyyati-14708251128.swf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesesuaian perencanaan pembelajaran IPA SMP Negeri di kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan pada KTSP dan K-13; (2) kesesuaian pelaksanaan pembelajaran IPA SMP Negeri di kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan pada KTSP dan K-13; dan (3) kesesuaian penilaian hasil belajar IPA SMP Negeri di kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan pada KTSP dan K-13. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product) dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas VII SMP di Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data berupa pengisian lembar angket, observasi, wawancara, dan ceklis dokumen. Pengisian lembar angket digunakan untuk mendapatkan data tentang proses pembelajaran IPA yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Observasi digunakan untuk menilai proses pembelajaran. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan dan hambatan dalam pembelajaran IPA. Ceklis dokumen untuk mengetahui dokumen guru yang digunakan untuk menunjang pembelajaran. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil angket, observasi, dan ceklis dokumen, sedangkan teknik analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesesuaian perencanaan pembelajaran IPA menggunakan KTSP di SMP Negeri kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan masuk dalam kategori cukup sesuai, sedangkan perencanaan pembelajaran IPA menggunakan K-13 masuk dalam kategori sesuai; (2) kesesuaian pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan KTSP dan K-13 di SMP Negeri kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan masuk dalam kategori cukup sesuai; dan (3) kesesuaian penilaian pembelajaran IPA menggunakan KTSP dan K-13 di SMP Negeri kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan masuk dalam kategori cukup sesuai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran IPA SMP, KTSP, K-13
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:01
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42185

Actions (login required)

View Item View Item