EFEKTIVITAS POSITIVE SELF TALK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IX SMP N 3 BANGUNTAPAN

Indryastuti Wulaningsih, Indryastuti (2016) EFEKTIVITAS POSITIVE SELF TALK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IX SMP N 3 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Indryastuti W_12104244016_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas positive self talk terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IX SMP N 3 Banguntapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan subjek siswa kelas IX dengan jumlah 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 siswa sebagai kelompok kontrol. Pemilihan subjek menggunakan teknik sampling kuota dan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala motivasi belajar. Skala tersebut telah melalui uji validitas dengan menggunakan expert judgment dan dinyatakan valid. Reliabilitas skala motivasi belajar diuji menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,862 menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji Wilcoxon melalui program SPSS Statistics ver 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positive self talk efektif terhadap motivasi belajar pada siswa yang dilihat dari uji Wilcoxon pada hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan taraf signifikasi p = 0,012 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. Pengaruh pemberian treatment tersebut bersifat positif yang ditunjukkan dari peningkatan rata-rata (mean) skor pada kelompok eksperimen dari 72,5 menjadi 107,88. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka positive self talk terbukti efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di SMP N 3 Banguntapan. Kata kunci: positive self talk, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42156

Actions (login required)

View Item View Item