LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA N 5 YOGYAKARTA

Miky Septian Nugraha, Miky Septian Nugraha (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA N 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasisiwa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. PPL yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta dilaksanakan bersamaan waktu dengan KKN di masyarakat maupun sekolah, sehingga memerlukan pemikiran, fisik, dan waktu yang lebih karena praktikan dituntut untuk dapat membagi waktu antara waktu PPL dan KKN. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka PPL antara lain; observasi pra PPL yang meliputi kegiatan observasi fisik dan observasi proses belajar mengajar, praktik mengajar dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2014 sampai dengan 13 September 2013. Dalam kegiatan PPL ini, praktikan melakukan praktik mengajar kelas X MIA 1-6 untuk mata pelajaran Fisika, di mana setiap minggu untuk satu kelas satu pertemuan terdiri dari 3 jam pelajaran. Sehingga untuk satu minggu efektif praktik mengajar sebanyak 6 kali masuk kelas dengan masing-masing 3 jam pelajaran. Dalam praktik mengajar, praktikan menggunakan metode diskusi informasi, diskusi kelompok, demonstrasi, dan percobaan di laboratorium. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Seluruh kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, laboran, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41691

Actions (login required)

View Item View Item