UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT MELALUI ANALISIS SWOT PADA SISWA KELAS XI IPA 4 DI SMA NEGERI 1 SLEMAN

Etta Emaculata Hapsari, Etta (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT MELALUI ANALISIS SWOT PADA SISWA KELAS XI IPA 4 DI SMA NEGERI 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI _ETTA EMACULATA HAPSARI_12104244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut melalui sebuah instrumen analisis antar komponen strength, weakness, opportunity, dan threat atau analisis SWOT pada siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan pola kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu 16 orang siswa kelas XI IPA 4 yang memiliki kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut kategori rendah dan sedang berdasarkan hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah skala pengambilan keputusan studi lanjut dan pedoman observasi siswa. Uji validitas skala pengambilan keputusan studi lanjut menggunakan validitas isi melalui experts judgement. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan kategori rendah sampai tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor pengambilan keputusan studi lanjut subjek pada saat pre-test dan post-test. Hasil rata-rata skor subjek pada pra tindakan adalah 78,19, meningkat menjadi 90,69 pada siklus I. Pada siklus II rata-rata skor subjek meningkat menjadi 99,06, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut siswa dapat ditingkatkan melalui analisis SWOT. Kata kunci : pengambilan keputusan studi lanjut, analisis SWOT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41024

Actions (login required)

View Item View Item