UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MENDIRO GULUREJO LENDAH KULON PROGO

Pratiwi, Wahyu (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MENDIRO GULUREJO LENDAH KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyu Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV SD Negeri Mendiro melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mendiro, dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan skala. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan skala keaktifan. Uji validitas instrument menggunakan jenis validitas isi sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunkan cara test-retest. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Mendiro dalam mata pelajaran IPS mengalami peningkatan dengan kriteria sangat tinggi, yaitu ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV SD Negeri Mendiro Gulurejo Lendah Kulon Progo, melalui penggunaan reward dan adanya pembagian tugas dalam kelompok yang dilakukan pada siklus II. Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, Course Review Horay, keaktifan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41018

Actions (login required)

View Item View Item