PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERHITUNG MATEMATIKA (U-MATH) UNTUK SISWA KELAS 2 DI SD N 1 BOLONG KARANGANYAR

Andrya Donavan, Dana (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERHITUNG MATEMATIKA (U-MATH) UNTUK SISWA KELAS 2 DI SD N 1 BOLONG KARANGANYAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Dana Andrya Donavan_12105244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Alat Permainan Edukatif yang membelajarkan dan yang layak digunakan. Alat Permainan Edukatif digunakan untuk melatih siswa agar terbiasa berpikir cepat dalam berhitung pada materi pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berhitung Matematika U-Math ini menggunakan penelitian pengembangan model Borg and Gall (Research and Development) yang dimodifikasi menjadi 9 tahap: Penelitian dan pengumpulan informasi awal, Perencanaan, Pengembangan format produk awal, Uji coba produk awal melibatkan 4 siswa, Merevisi hasil uji coba, Uji coba lapangan melibatkan 8 siswa, revisi tahap 2, Uji lapangan melibatkan 20 siswa, Revisi produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas 2 SD N 1 Bolong Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa, Alat Permainan Edukatif Berhitung Matematika U-Math dapat membelajarkan siswa karena permainan sesuai dengan tujuan pembelajaran di kelas, permainan sesuai dengan SK, KD dan Indikator Kurikulum yang digunakan, permainan melibatkan siswa untuk berpikir, siswa cepat dalam berhitung, permainan yang melibatkan kompetisi sesama siswa dan ditinjau dari validasi materi mendapatkan perolehan rata-rata skor 51 dengan kategori Sangat Baik dan dari ahli media mendapatkan perolehan rata-rata skor 85 dengan kategori Baik, sedangkan hasil penelitian yang ditinjau dari tahap uji coba, uji coba produk awal dinyatakan Layak dalam persentase 97,5%, uji coba lapangan dinyatakan Layak dalam persentase 93,75%, uji lapangan, dinyatakan Layak dalam persentase 97%. Dapat disimpukan bahwa Alat Permainan Edukatif Berhitung Matematika U-Math dapat membelajarkan dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 02 Sep 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40957

Actions (login required)

View Item View Item