PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SUROKARSAN II YOGYAKARTA

Sutarniyati, Putri (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SUROKARSAN II YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Putri Sutarniyati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Surokarsan II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Surokarsan II dengan jumlah siswa 20. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Motivasi belajar siswa pad mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menunjukkan adanya peningkatan. Dengan menggunakan media kartu yang dibagikan selama pembelajaran dan pembentukan kelompok untuk mencari pasangan membuat siswa aktif dan antusias sehingga motivasi belajarnya meningkat. Pada pratindakan presentase motivasi belajar siswa masih dalam kategori kurang sekali (54%). Pada siklus I mengalami peningkatan, sehingga naik menjadi kategori cukup (74%). Dengan hasil akhir motivasi belajar IPA siswa dalam kategori sangat baik (89%). Kata kunci: motivasi belajar, IPA, model make a match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40931

Actions (login required)

View Item View Item