PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TEKNIK JAHIT PERCA KELAS X DESAIN KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 2 SEWON

Agustini, Ria (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TEKNIK JAHIT PERCA KELAS X DESAIN KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
Skripsi full.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif teknik jahit perca untuk kelas X Desain Kriya Tekstil SMK, dan 2) mengetahui respon guru mata pelajaran teknik jahit perca serta peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif teknik jahit perca tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2015:409). Penelitian ini meliputi 10 tahap, yaitu: 1) observasi dan menemukan potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi, dan 10) produksi masal. Uji coba dilaksanakan setelah melalui uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilaksanakan di SMK N 2 Sewon dengan melibatkan 51 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk pengembangan produk multimedia pembelajaran teknik jahit perca ini dan kualitatif untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif teknik jahit perca kelas X desain kriya tekstil. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) menghasilkan multimedia pembelajaran teknik jahit perca yang menggunakan software Adobe Flash CS6, dengan hasil rerata validasi ahli materi sebesar 91% masuk pada kategori sangat layak, validasi ahli media dengan rerata skor 81% masuk pada kategori sangat layak; 2) respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif tersebut masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil rerata 86.75%. Menurut peserta didik dengan multimedia pembelajaran interaktif tersebut mereka lebih memahami materi teknik jahit perca karena dilengkapi video langkah kerja pembuatan karya teknik jahit perca, di samping mudah digunakan serta memberikan ilmu pengetahuan mengenai teknik jahit perca, contoh karya yang ditampilkan pada multimedia pembelajaran teknik jahit perca tersebut dapat memotivasi peserta didik untuk lebih berkarya lebih kreatif lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 30 Aug 2016 05:57
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40892

Actions (login required)

View Item View Item