PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP

Darmastuti, Anggita (2016) PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas LKS IPA berbasis pendekatan scientific dengan tema “Perubahan Materi dan Pemanfaatannya untuk Memisahkan Campuran”, (2) mengetahui respon siswa kelas VII terhadap LKS IPA berbasis pendekatan scientific, (3) mengetahui apakah ada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penggunaan LKS berbasis pendekatan scientific hasil pengembangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R & D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model Borg & Gall dengan 5 tahapan utama, yaitu (1) Research and Information Collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary of Product, (4) Preliminary Field Testing, dan (5) Main Product Revision. Validasi LKS dilakukan oleh 2 orang dosen ahli dan 2 orang guru IPA. Uji coba produk LKS dilakukan kepada 34 siswa di kelas VII B SMP Negeri 15 Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik purposive sampling. Uji coba dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan desain eksperimen non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian LKS IPA, soal pretest dan posttest, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data kualitas LKS dilakukan dengan analisis deskriptif berdasarkan hasil penilaian LKS, saran dan komentar oleh validator, analisis data respon siswa dilakukan dengan analisis deskriptif berdasarkan hasil penilaian LKS oleh siswa, sedangkan analisis peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan uji t dan gain score. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS IPA berbasis pendekatan scientific yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik, (2) LKS IPA mendapatkan respon sangat baik dari siswa kelas VII B, (3) LKS IPA berbasis pendekatan scientific yang diterapkan di kelas eksperimen dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan peningkatan rerata skor sebesar 28,06 dan perolehan rerata gain score sebesar 0,51 yang tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol tanpa menggunakan LKS IPA berbasis pendekatan scientific hasil pengembangan, peningkatan rerata skor yang terjadi lebih rendah yaitu 24,41 dan perolehan gain score yang termasuk pada kriteria sedang dengan nilai 0,43. Kata Kunci : LKS IPA, pendekatan scientific, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:41
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40667

Actions (login required)

View Item View Item