MAKNA BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN SOSIAL

Masitoh, Umi (2016) MAKNA BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN SOSIAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
UMI MASITOH_10105244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak memaknai belajar role playing dalam prosesnya meumbuhkan kecakapan sosial. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan penelitian, pengamatan dan refleksi. Adapun subyek penelitian adalah 15 santri TPA Mujahidin Wedomartani Pucanganom, Sleman. Penelitian Kualitatif ini dilaksanakan dalam 3 bulan pelakasanaan, berupa 1 bulan pertama observasi, 2 bulan pelaksanaan dan pengambilan data Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara semi dan terstruktur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kerjasama, kepedulian dan tolong menolong dalam role playing terinternalisasi dalam diri anak melalui komunikasi pertemanan dan dialog cerita. Keadaan anak merespon teman dan masyarakat 80% sudah berperilaku yang empatis. Seiring perkembangan waktu anak masih mengembangkan kecakapan sosial dari stimulus lingkungan dan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40123

Actions (login required)

View Item View Item