LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Ahmad Fajar Fachrurrozy, Ahmad Fajar Fachrurrozy (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11504244008_AHMAD FAJAR FACHRURROZY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kemampuan keguruan atau pendidikan lainnya, sehingga dapat mengembangkan tugas secara profesional. Tujuan yang ingin dicapai kedua program terpadu tersebut yaitu mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan.Pada kesempatan kali ini penulis mendapatkan tempat pelaksanaan program PPL di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Yogyakarta yang beralamat di Dusun Gatak, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Persiapan kegiatan PPL sangat perlu dilakukan untuk keberhasilan dalam mengajar. Mahasiswa sebelum melaksanakan PPL mendapatkan Pembekalan PPL yang bertujuan untuk memberi gambaran kepada mahasiswa mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada saat PPL. Pembekalan PPL merupakan syarat wajib bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan PPL. Periapan PPL antara lain dengan mengikuti kuliah pembelajaran mikro yang merupakan kuliah simulasi mengajar di kelas selain itu pengajaran mikro juga merupakan kuliah yang wajib diikuti sebelum melaksanakan PPL. Selain itu sebelum melaksanakan PPL harus melakukan observasi terlebih dahulu ke pihak sekolah, seperti kondisi kelas, kondidi murid, kondisi sarpras dan lain – lain serta mempersiapkan rencana untuk mengajar juga materi yang akan diajarkan. Keberhasilan proses belajar mengajar di SMK Muhammadiyah Prambanan terdapat beberapa faktor utama yang mempengaruhinya yaitu guru, murid, orang tua dan perangkat sekolah. Terutama juga harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Hal ini dibuktikan dengan sarana pembelajaran yang memadai seperti mengajar dengan bantuan media Proyektor dan simulasi maka siswa merasa pembelajaran menjadi lebih menarik dan juga menambah motivasi belajar mereka yang diwujudkan dengan hasil yang rata-rata di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persiapan Kegiatan PPL, Keberhasilan KBM
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39915

Actions (login required)

View Item View Item