Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta

Nuryadi, Nuryadi (2011) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuryadi-07703254004.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dari aspek gaya kepemimpinan partisipatif Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Angket. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh guru Madrasah Aliyah Ali Maksum. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan tekhnik Area Probability sampling dan mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian berjumlah 64 Guru. Tekhnik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Angket. Adapun dalam analisis data menggunakan Regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS. Hasil analisis Deskriptif mengungkapkan bahwa pelaksanaan Kepemimpinan Kepala sekolah dalam katagori baik dengan perolehan skor rata rata 2,57 (aspek perencanaan), 2,50 (aspek pengorganisasian), 2,37 (aspek Supervisi), 2,46 (aspek Gaya kepemimpinan), 2,52 (aspek Situasi Kepemimpinan), 2,34 (aspek Pemberian motivasi), 2,57 (aspek Pelatihan), 2,24 (aspek Pembinaan) dari skor rata rata yang diharapkan 3,00. Profesionalisme guru dalam katagori baik dengan perolehan skor rata rata 2,61 (aspek membuat Silabus, RPP, Kurikulum), 2,46 (aspek membuat kisi kisi soal), 2,51 (aspek Remedial dan pengayaan), 2,58 (aspek penunjang pendidikan), 2,64 (aspek kegiatan Profesi guru), 2,58 (aspek Penilaian), 2,58 (aspek Tindakan kelas) dari skor rata rata yang diharapkan 3,00. Hasil analisis Regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari Kepemimpinan Kepala sekolah terhadap Profesionalisme guru dengan nilai koefisien regresi dengan sumbangan sebesar 0,800 (P<o,05) serta besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru dengan sumbangan sebesar 53%. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis terbukti. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap Profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kepala sekolah, profesionalisme guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2016 09:54
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39577

Actions (login required)

View Item View Item