PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN KOTAK MATEMATIKA KELOMPOK AI DI TK ABA MARGOMULYO III

Anik, Kurniandari (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN KOTAK MATEMATIKA KELOMPOK AI DI TK ABA MARGOMULYO III. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Anik Kurniandari_12111241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan kotak matematika. Penelitian ini menilai kemampuan anak dalam membilang, menyebut, menunjuk, dan mengelompokkan. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A1 di TK ABA Margomulyo III dengan jumlah 16 anak yang terdiri dari lima laki-laki dan sebelas perempuan. Obyek penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kotak matematika.Teknikpengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil dokumentasi yang berupa foto kegiatan, RKH dan chek list. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A1 di TK ABA Margomulyo III Seyegan. Pelaksanaan penelitian pada Siklus satu dan Siklus dua terdapat sebuah perbedaan perlakuan dimana dalam proses Siklus satu anak mencoba menggunakan kotak matematika maju satu-satu. Siklus dua dilaksanakan dengan games, jadi anak maju dua-dua menggunakan kotak matematika sesuai perintah guru dan siapa cepat selesai. Proses pelaksanaan penelitian yang berbeda cara, dapat memberikan data hasil penelitian mengenal konsep bilangan dengan kotak matematika sebagai berikut, Siklus satu kriteria belum berkembang tidak ada, kriteria mulai berkembang 16,67%, kriteria berkembang sesuai harapan 52,08%, dan kriteria berkembang sangat baik 29,17%. Meningkat pada Siklus dua dengan hasil sebagai berikut kriteria belum berkembang tidak ada, kriteria mulai berkembang tidak ada, kriteria berkembang sesuai harapan menjadi 18,75%, dan kriteri berkembang sangat baik menjadi 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan dapat ditingkatkan dengan kotak matematika. Kata kunci : Konsep Bilangan, Kotak Matematika, Kelompok A1.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 10:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39478

Actions (login required)

View Item View Item