PENGARUH PENERAPAN APLIKASI PANJIKAWAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Sekti, Pramesthi Anggoro (2016) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI PANJIKAWAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401241022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya pengaruh penerapan aplikasi Panjikawan terhadap minat belajar siswa pada materi Pancasila dalam pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil dari penelitian menunjukan adanya pengaruh signifikan penerapan Panjikawan terhadap minat belajar siswa. Minat belajar siswa menggunakan Panjikawan lebih tinggi dari pada minat belajar siswa yang tidak menggunakannya. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji yang diperoleh nilai t hitung (sig 2- tailed) sebesar 0,004 < 0,05 serta dapat dilihat dari besar perbedaan rerata minat akhir sebesar 3,99 satuan antara minat belajar kelompok eksperimen (61,39) dengan minat belajar kelompok kontrol (57,40) yang juga menandakan bertambahnya minat peserta didik bila menggunakan aplikasi Panjikawan. Respon peserta didik dalam proses belajar pada materi Pancasila menyatakan 97.82% sangat bermanfaat, 95.24% mudah digunakan, 98.86% mudah dipahami, 93.39% sangat puas dengan adanya penerapan aplikasi Panjikawan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 05 Aug 2016 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 10:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38853

Actions (login required)

View Item View Item