Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional melalui Permainan Kooperatif pada Anak Usia Dini Kelompol B2 di TK ABA Cempaka Demangan Kota Yogyakarta

Aziza, Aspiya (2016) Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional melalui Permainan Kooperatif pada Anak Usia Dini Kelompol B2 di TK ABA Cempaka Demangan Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aspiya-aziza-14717251009.swf

Download (54MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kooperatif pada anak usia dini kelompok B2 di TK ABA Cempaka, Demangan Kota Yogyakarta, yang meliputi perilaku bertanggung jawab dan perilaku prososial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dan enam pertemuan. Peneliti bertindak sebagai pengamat, sedangkan guru kelas yang mengajar di kelas dan teman sejawat bertindak mengambil dokumentasi dalam menjalankan skenario pembelajaran. Subjek penelitian adalah 20 anak-anak kelompok B2 TK ABA Cemapaka Demangan, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan sosial emosional anak. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan sosial emosional melalui permainan kooperatif pada anak kelompok B2 di TK ABA Cempaka, Demangan Kota Yogyakarta. Peningkatan kemampuan sosial emosional anak secara keseluruhan pada siklus I sebesar 65, 97%, siklus II sebesar 75, 63% dan siklus III sebesar 84, 31% dengan kemampuan sosial emosional masing- masing indikator kemampuan sosial emosional sebagai berikut: (1) kemampuan sosial emosional indikator prilaku tanggung jawab secara berturut-turut adalah 64,48%, 79,20 %, 85,45%, dan (2) kemampuan sosial emosional indikator prilaku prososial adalah 64,15%, 73,35%, 83,58%. Dengan demikian, permainan kooperatif dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan sosial emosional, permainan kooperatif, anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:39
Last Modified: 09 May 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38837

Actions (login required)

View Item View Item