MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKARSULI BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Amirudin, Wildan (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKARSULI BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Wildan Amirudin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Sekarsuli menggunakan teknik mind mapping. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian ini adalah perencanaan, tindakan & obsevasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja. Observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil mind map siswa dinilai dengan scoring rubric. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan tindakan aktivitas belajar IPA yaitu minimal 75% dari jumlah siswa berada pada kategori baik dan sangat baik. Hasil penelitian pada siklus I yaitu ditemukan permasalahan kurangnya kreativitas dan kemandirian siswa pada saat membuat mind map dan kurangnya waktu yang diberikan oleh guru. Hasil refleksi pada siklus I kemudian dijadikan pedoman perbaikan pada siklus II oleh guru yaitu dengan menghapus mind map buatan guru di papan tulis, memberikan tambahan waktu pada saat membuat mind map, dan meminta siswa untuk berlatih menambahkan gambar dan simbol. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu sebanyak 9 orang atau 45% dari jumlah siswa berada pada kategori baik dan sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi 19 orang atau 95% dari jumlah siswa berada pada kategori baik dan sangat baik. Hasil mind map siswa pada siklus I sebanyak 5 orang atau 25% dari jumlah siswa berada pada kategori baik dan sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi 19 orang atau 95% dari jumlah siswa berada pada kategori baik dan sangat baik. Peningkatan aktivitas belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar IPA siswa. Pada siklus I, sebanyak 4 siswa berada diatas KKM IPA yaitu 75, meningkat menjadi 17 siswa yang berada diatas KKM pada siklus II. Kata kunci: aktivitas belajar, teknik mind mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:49
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38706

Actions (login required)

View Item View Item