PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR “MILI DAN KOTAK AJAIB” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN KOMPETENSI MENABUNG DAN INVESTASI UNTUK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PAKEL TAHUN AJARAN 2015/2016

Badriyah, Siti (2016) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR “MILI DAN KOTAK AJAIB” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN KOMPETENSI MENABUNG DAN INVESTASI UNTUK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PAKEL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Other
SKRIPSI_Siti Badriyah_12803241054.PDF

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) produk media pembelajaran literasi keuangan berupa Buku Cerita Bergambar “Mili dan Kotak Ajaib” untuk siswa kelas V Sekolah Dasar kompetensi Menabung dan Investasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan buku cerita bergambar “Mili dan Kotak Ajaib” sebagai media pembelajaran literasi keuangan kompetensi Menabung dan Investasi untuk siswa kelas V SD Muhammadiyah Pakel tahun ajaran 2015/2016, 2) mengetahui kelayakan buku cerita bergambar “Mili dan Kotak Ajaib” sebagai media pembelajaran literasi keuangan kompetensi Menabung dan Investasi untuk siswa kelas V SD Muhammadiyah Pakel tahun ajaran 2015/2016 berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, dan 3) meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Muhammadiyah Pakel tahun ajaran 2015/2016 mengenai Menabung dan Investasi dalam pembelajaran literasi keuangan setelah diterapkannya media pembelajaran buku cerita bergambar “Mili dan Kotak Ajaib”. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap design dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap develop dilakukan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan praktisi serta uji pengembangan. Pada tahap disseminate dilakukan uji validasi dan penyebaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pakel sebanyak 40 siswa. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan praktisi, skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,05 (Layak), aspek bahasa sebesar 3,83 (Layak), dan aspek media sebesar 3,47 (Layak). Berdasarkan respon siswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata aspek materi sebesar 3,58 (Layak), aspek bahasa sebesar 3,88 (Layak), dan aspek media sebesar 3,91 (Layak). Hasil uji validasi untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa yang dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest diperoleh nilai gain sebesar 0,38. Berdasarkan kriteria nilai Gain menurut Hake menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa mengenai kompetensi Menabung dan Investasi dengan menggunakan Buku Cerita Bergambar “Mili dan Kotak Ajaib” tergolong “Sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, literasi keuangan, menabung, investasi, buku cerita bergambar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38674

Actions (login required)

View Item View Item