LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK NEGERI 1 NGAWEN Dusun Jono, Desa Tancep, Kec. Ngawen, Kab. Gunungkidul, D.I.Y 01 JULI-17 SEPTEMBER 2014

Anas Fatoni, Anas Fatoni (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK NEGERI 1 NGAWEN Dusun Jono, Desa Tancep, Kec. Ngawen, Kab. Gunungkidul, D.I.Y 01 JULI-17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL-ANAS F-11504241012-PTO.PDF

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Visi dari PPL adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari PPL adalah penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Kegiatan PPL di SMK N 1 Ngawen secara intensif terlaksana mulai tanggal 1 Juli 2014 bersamaan dengan tahun pelajaran baru 2014/2015 sampai dengan tanggal 17 September 2014. Kegiatan ini meliputi praktek mengajar dan praktek persekolahan. Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Modul ajar, dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang sesuai jadwal merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Hal-hal yang diperhatikan seperti penguasaan materi bahan ajar, media pembelajaran yang dipakai, penguasaan kelas, dan keteraturan dalam pelaksanaan praktikum yang memerlukan kedisiplinan dan profesionalitas. Evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dan keberhasilan dalam sistem pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL tidak terlepas dari dukungan warga sekolah. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2014 di SMK N 1 Ngawen memberikan hasil berupa barang maupun jasa. Walaupun hasil yang diberikan tidak terlalu besar, namun harapannya itu semua mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa, maupun lembaga yang ditempati. Tidak hanya itu, PPL juga bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menguasai kemampuan keguruan atau keahlian lainnya, sehingga dapat membangun tugas dan tanggung jawab secara profesional. Oleh karena itu PPL UNY 2014 di SMK N 1 Ngawen merupakan hubungan yang saling menguntungkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 1 Ngawen, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38134

Actions (login required)

View Item View Item