Pengembangan Portfolio Assesment Pembelajaran IPA Berbasis Metode Inkuiri untuk Mengukur Science Process Skills pada Materi Kalor dan Perpindahannya

Ambarsari, Zamzam Fatma (2016) Pengembangan Portfolio Assesment Pembelajaran IPA Berbasis Metode Inkuiri untuk Mengukur Science Process Skills pada Materi Kalor dan Perpindahannya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zamzam-fatma-ambarsari-14708251081.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan Portfolio assesment pembelajaran IPA berbasis metode inkuiri yang layak pada materi kalor dan perpindahannya berdasarkan standar penilaian yang ditinjau dari validitas dan reliabilitas. 2) Mengetahui hasil pengukuran science process skills peserta didik pada materi kalor dan perpindahannya menggunakan portfolio assesment pembelajaran IPA berbasis metode inkuiri. Penelitian ini mengadaptasi model 4D dari Thiagaraja n, et al yang meliputi tahap define yang terdiri dari analisis peserta didik, analisis guru, dan analisis materi, design yang terdiri dari menulis instrumen, menentukan skala, menentukan sistem penskoran dan petunjuk penskoran. develop yang terdiri dari telaah instrumen oleh ahli, uji coba, analisis hasil uji coba, revisi, melakukan pengukuran dan menafsirkan hasil serta disseminate. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi dan lembar observasi untuk mengukur science process skills peserta didik. Uji coba dilakukan dua kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan operasional. Formula V Aiken digunakan untuk menganalisis hasil validasi. Reliabilitas antar observer, lembar observasi dihitung dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini adalah instrumen portfolio assessment dengan metode inkuiri pada materi “Kalor dan perpindahannya” yang valid untuk mengukur science process skills. Instrumen penilaian ini memiliki nilai validitas dari Aiken antara 0,90 – 1 sedangkan koefisien reliabilitas lembar observasi I,II dan III secara berurutan yaitu 0,93, 0,94, dan 0,92 yang masuk dalam kategori istimewa sehingga instrumen ini layak digunakan sebagai alat ukur. Adapun pengukuran science process skills pada aspek skor pada aspek prediksi, eksperimen, mengamati, dan mengukur masing-masing memperoleh nilai A (sangat baik), sedangkan pada aspek menyimpulkan dan mengkomunikasikan masing-masing memperoleh nilai B (baik)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: portfolio assesment, metode inkuiri, pengukuran science process skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:12
Last Modified: 09 May 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38124

Actions (login required)

View Item View Item