Wulandari, Hersanti (2016) Kemampuan Kepala Sekolah dalam Mengelola Konflik di Lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-hersanti-wuladari-14703251039.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) konflik yang sering terjadi di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (2) penyebab konflikyang terjadidi lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (3) kemampuan kepala sekolah dalam mengelola konflik di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan (4) pemberdayaan sumber daya sekolah dalam menyelesaikan konflik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Tempat penelitian yaitu SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Milles & Huberman melalui reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konflik yang terjadi di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta meliputi: konflik antar siswa, konflik antar siswa dengan guru, konflik organisasi, dan konflik siswa dengan pihak luar. (2) Penyebab konflik di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yaitu: sikap dan perilaku individu/kelompok, solidaritas yang berlebihan, permasalahan yang mengakar, provokasi, perbedaan persepsi. (3) Kemampuan kepala sekolah dalam mengelola konflik di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menerapkan tiga strategi, yaitu stimulasi konflik, penekanan dan pengurangan konflik serta penyelesaian konflik. (4) Pemberdayaan sumber daya sekolah dalam menyelesaikan konflik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta melibatkan warga sekolah (guru, karyawan dan siswa) melalui rapat rutin dan pembuatan aturan tata-tertib sekolah. Pengelolaan sarana dan prasarana dengan pemasangan CCTV, pos satpam dan jembatan penghubung. Kerja sama dengan pihak luar yaitu pihak aparat Kepolisian
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan kepala sekolah, konflik |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 01:32 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 03:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |