PERBEDAAN KREATIVITAS MENGAJAR BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UPT DINAS DIKPORA DISTRIK PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN

Fahmawati, Basmalah (2016) PERBEDAAN KREATIVITAS MENGAJAR BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UPT DINAS DIKPORA DISTRIK PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Basmalah Fahmawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kreativitas mengajar secara signifikan antara guru yang memiliki jenjang pendidikan sekolah menengah /sederajat, diploma, sarjana (S-1), dan magister (S-2) di UPT Dinas Dikpora Distrik Prembun Kabupaten Kebumen. Penelitian menggunakan jenis penelitian expostfacto. Populasi penelitian adalah seluruh guru sekolah dasar di Distrik Prembun yang berjumlah 573. Ukuran sampel sebanyak 215 responden ditentukan dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Penentuan anggota sampel dilakukan dengan teknik disproportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kreativitas mengajar dan dokumentasi berupa data kepegawaian guru. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukkan terdapat 23 aitem yang tidak valid dari 68 aitem skala dengan indeks reliabilitas 0,874. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu rerata dan statistik parametrik One Way Anova dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada uji normalitas sebaran data berdistribusi normal dan varian homogen. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rerata skor kreativitas mengajar guru yang memiliki jenjang pendidikan sekolah menengah/sederajat sebesar 134,75, guru yang memiliki jenjang pendidikan diploma sebesar 147,16, guru yang memiliki jenjang pendidikan sarjana (S-1) memperoleh 147,99, dan guru yang memiliki jenjang pendidikan magister (S-2) sebesar 152,50. Dengan demikian, guru yang memiliki jenjang pendidikan magister (S-2) memperoleh nilai rerata yang paling tinggi. Dari hasil uji One Way Anova diperoleh harga F hitung sebesar 3,115 lebih besar dari F tabel 2,65 ( = 0,05 df1 = 3 dan df2 = 211). Hal ini berarti terdapat perbedaan kreativitas mengajar secara signifikan antara guru yang memiliki jenjang pendidikan sekolah menengah sederajat, diploma, sarjana (S-1), dan magister (S-2). Kata kunci: jenjang pendidikan, kreativitas mengajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37881

Actions (login required)

View Item View Item