Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Sulianti, Ani (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ani-sulianti-14730251025.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap: (1) keterampilan berpikir kritis, (2) hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Lumajang pada bulan Desember 2015 sampai dengan bulan Februari 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Lumajang sebanyak 235 siswa. Sampel penelitian ini adalah tiga kelas yang terbagi menjadi kelas eksperimen 1 sebanyak 29 siswa, kelas eksperimen 2 sebanyak 28 siswa, dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 3 Lumajang. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Pada kelas eksperimen 1 (inkuiri) dengan kelas kontrol (problem-based learning) nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,003 < 0,05), sedangkan kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol memiliki nilai p= 0,000 < 0,05. (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 3 Lumajang. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Pada kelas eksperimen 1 (inkuiri) dengan kelas kontrol (problem-based learning) nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05), sedangkan kelas eksperimen 2 (inkuiri) dengan kelas kontrol (problem-based learning) memiliki nilai p= 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: inkuiri, berpikir kritis, hasil belajar, problem based learning, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:00
Last Modified: 09 May 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37834

Actions (login required)

View Item View Item