PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ANTARA KELAS BERMODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE BRAINSTORMING DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPA

Noviana, Filly (2016) PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ANTARA KELAS BERMODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE BRAINSTORMING DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan keterampilan berfikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan metode diskusi pada pembelajaran IPA; (2) Perbedaan keterampilan berkomunikasi siswa antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan metode diskusi pada pembelajaran IPA; (3) Perbedaan keterampilan berfikir kritis dan keterampilan berkomunikasi siswa antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan metode diskusi pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP N 9 Yogyakarta dengan sampel penelitian adalah kelas VII C dan kelas VII D. Teknik sampling dengan cluster random sampling. Instrumen pembelajaran berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar kegiatan peserta didik. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi keterampilan berkomunikasi dan tes keterampilan berfikir kritis. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes tertulis.Uji validitas soal menggunakan ITEMAN dan SPSS. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Manova dengan bantuan program SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan keterampilan berfikir kritis antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan metode diskusi dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 <0,05; (2) ada perbedaan keterampilan berkomunikasi antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan metode diskusi dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 <0,05; (3) ada perbedaan keterampilan berfikir kritis dan berkomunikasi antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan metode diskusi dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 <0,05. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), brainstorming, Pembelajaran Langsung, diskusi, keterampilan berfikir kritis, keterampilan berkomunikasi siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:11
Last Modified: 30 Jan 2019 10:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37746

Actions (login required)

View Item View Item