Andespi, Ceria (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MATERI PYTHAGORAS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Other (aplicasi)
REAL.exe Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Other (aplicasi)
REAL.fla Restricted to Registered users only Download (12MB) |
||
Text
soal.txt Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual pada materi Teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII. Media yang dihasilkan diuji kelayakannya berdasarkan aspek isi dan tujuan, aspek kualitas instruksional serta aspek kualitas teknis. Model pengembangan ADDIE yang meliputi lima pokok yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluasi (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu: (1) angket penilaian oleh ahli, (2) angket evaluasi guru dan respon siswa, dan (3) hasil tes belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Mlati kelas VIIIC. Media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk aplikasi yang berisi materi Teorema Pythagoras sesuai dengan SK dan KD. Materi dalam aplikasi dilengkapi dengan apersepsi, kuis dan tes. Selain itu, media juga dilengkapi dengan audio, gambar, dan navigasi yang mudah dipahami dan digunakan oleh siswa. Kualitas media pembelajaran interaktif dilihat dari aspek kelayakan isi dan tujuan temasuk dalam klasifikasi baik dengan presentase sebesar 91,75%, dan 86,25% untuk kualitas instruksional. Aspek kelayakan teknis termasuk dalam klarifikasi baik dengan presentase sebesar 89%. Hasil angket respon siswa menunjukkan aspek keterbantuan belajar siswa sebesar 88,35% dengan kategori sangat positif, aspek pemberian dampak bagi siswa sebesar 79,95% dan aspek penggunaan media sebesar 82.3% dengan nilai rata-rata total 82,83% yang termasuk dalam kategori sangat positif. Hasil posstest yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa adalah 93,3% dengan rata-rata nilai 86,7 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci : media pembelajaran interaktif, teorema pythagoras, pendekatan kontekstual
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 07:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37595 |
Actions (login required)
View Item |