Frematiya, Tondy (2016) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMPN 1 GAMPING. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Tondy Fremaditiya 08520244006.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMPN 1 GAMPING Tondy Fremaditiya 08520244006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pemanfaatan e-learning dan lingkungan belajar secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kreatifitas siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMPN 1 Gamping. Metode penelitian yang digunakan adalah Expost Facto, sampel berjumlah 81 siswa dari seluruh siswa kelas VIII pada mata pelajaran TIK SMPN 1 Gamping. Data diambil untuk masing-masing variabel dengan menggunakan angket. Validitas isi diperoleh melalui judgment ahli dan analisis butir dihitung dengan korelasi Product Moment untuk seluruh variabel. Reliabilitas instrumen pemanfaatan media e-learning, lingkungan belajar, dan kratifitas siswa dengan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi dan regresi pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh antara pemanfaatan media elearning (X1) dengan kreatifitas siswa (Y) memiliki koefisien rhitung = 0,373 dan thitung 3,569 > ttabel 1,664. Karena harga thitung > ttabel, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang antara prediktor X1 dengan kriterium Y dengan sumbangan efektif sebesar 10,19%. Pengaruh antara lingkungan belajar (X2) dengan kreatifitas siswa (Y) memiliki koefisien korelasi rhitung = 0,449 dan thitung 4,464 > ttabel 1,664. Karena harga thitung > tabel, hal ini menunjukkan adanya pengaruh antara prediktor X2 dengan kriterium Y dengan efektif sebesar 11,33%. Kemudian pengaruh antara pemanfaatan media e-learning (X1) dan lingkungan belajar (X2) secara bersama-sama dengan kreatifitas siswa (Y) ditemukan harga Fhitung = 13,197 dengan derajat kebebasan (df) 2 pada taraf kepercayaan 5 % diperoleh ftabel = 3,114. Karena harga fhitung > ftabel, hal ini menunjukan adanya pengaruh signifikan bernilai positif karena koefisien masingmasing predictor X1 dan X2 adalah 0,259 dan 0,416 dengan sumbangan efektif sebesar 21,52 %. Kata Kunci : pemanfaatan elearning, lingkungan belajar dan kreativitas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 03:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37544 |
Actions (login required)
View Item |