Pengembangan Perangkat Physics Active Learning Tipe Quiz Team Berbasis Local Wisdom Kabupaten Banyumas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Nilai Karakter

Prasetyo, Shofyan Adi (2016) Pengembangan Perangkat Physics Active Learning Tipe Quiz Team Berbasis Local Wisdom Kabupaten Banyumas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Nilai Karakter. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shofyan-adi-prasetyo-14726251032.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat physics active learning tipe quiz team berbasis local wisdom Kabupaten Banyumas yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan nilai karakter, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan (3) nilai-nilai karakter siswa setelah menggunakan perangkat physics active learning tipe quiz team berbasis local wisdom Kabupaten Banyumas, (4) mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengembangan perangkat pembelajaran dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk awal, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 38 siswa kelas X SMA N 4 Purwokerto. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 33 siswa kelas X MIPA 5 dan pada kelas kontrol terdiri dari 34 siswa kelas X MIPA 6 SMA N 5 Purwokerto. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes terulis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, angket untuk mengukur nilai karakter dan respon siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa: (1) seperangkat physics active learning tipe quiz team berbasis local wisdom Kabupaten Banyumas yang layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli dan praktisi dan uji coba terbatas dengan kategori “sangat baik”, (2) Kemampuan berpikir kritis dan (3) nilai karakter rasa ingin tahu, mandiri, komunikatif, dan tanggung jawab siswa meningkat setelah menggunakan perangkat physisc active learning tipe quiz team berbasis local wisdom Kabupaten Banyumas, (4) Perangkat physics active learning tipe quiz team berbasis local wisdom Kabupaten Banyumas efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan nilai karakter yang ditunjukkan dari hasil signifkansi uji multivariat (MANOVA) kurang dari 0,05 pada taraf signifikansi 5%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat physics active learning tipe quiz team berbasis local wisdom Kabupaten Banyumas, kemampuan berpikir kritis, nilai karater
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:38
Last Modified: 09 May 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37398

Actions (login required)

View Item View Item