Mello, Johanes Andreas (2016) Dampak Penyelenggaraan Program Akselerasi bagi Stabilitas Emosional dan Interaksi Sosial Siswa SMAK Giovanni Kupang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-johanes-andreas-mello-14703251027.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program akselerasi, mengetahui dampak penyelenggaraan program akselerasi terhadap stabilitas emosional siswa dan interaksi sosial siswa di SMAK Giovanni Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian terdiri atas tujuh orang siswa dan informan penelitian terdiri dari tiga siswa reguler, dua orang guru, satu orang kepala sekolah, satu orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan penelusuran dokumen. Keabsahaan data diperoleh melalui triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, penyelenggaraan program akselerasi dilakukan dengan menyediakan tenaga pendidik dari guru-guru senior di SMAK Giovanni yang berpengalaman dan diketahui memiliki kompetensi. Sarana pembelajaran dilengkapi dengan LCD di kelas, ruangan ber AC, TV, dan CD pembelajaran. Pembiayaan program akselerasi berasal dari Yayasan Swasti Sari, Pemerintah dan sumbangan orang tua siswa. Rekrutmen siswa tidak terbatas pada siswa dengan IQ di atas 125 sehingga ada siswa dengan IQ 104 dan IQ 118 di kelas akselerasi. Pemadatan kurikulum bagi kelas akselerasi dilakukan dengan meringkas materi pelajaran yang biasa diselesaikan dalam waktu 6 bulan menjadi 4 bulan. Proses pembelajaran menekankan pada siswa sebagai subjek belajar sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar, namun kadang-kadang guru juga menerapkan model drill yang kurang sesuai dengan pendekatan scientific yang dikehendaki dalam kurikulum 2013. Kedua, dampak program terhadap stabilitas emosi siswa yaitu siswa sangat yakin pada kemampuan diri lebih baik dari siswa lain, sangat optimis, terbuka dan objektif menghadapi masalah, bertanggung jawab dan konsekuen, rasional dan realistis dalam menganalisis masalah sesuai dengan fakta, serta siswa merasa mudah mendapatkan dukungan sosial meskipun hanya dalam aktivitas belajar. Ketiga, dampak program akselerasi terhadap interaksi sosial yaitu siswa menyadari pentingnya kerjasama dalam kegiatan di sekolah, mampu berkompromi, namun siswa kurang berbaur dalam berbagai kegiatan di sekolah
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Akselerasi, Stabilitas Emosional, Interaksi Sosial |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 04:48 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 04:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37361 |
Actions (login required)
View Item |