PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) SENDANG ARUM DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA (Studi Kasus Di Desa Wisata Tlahab Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung)

Agung Suryawan, Agung (2016) PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) SENDANG ARUM DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA (Studi Kasus Di Desa Wisata Tlahab Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Agung Suryawan_11102241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran Pokdarwis Sendang Arum dalam mengembangkan potensi pariwisata. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Pokdarwis dalam mewujudkan Desa Wisata Tlahap sebagai daerah tujuan wisata. 3) Mendeskripsikan dampak Pokdarwis dalam mengembangkan potensi wisata dan mewujudkan Desa Wisata Tlahap sebagai daerah tujuan wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengurus, anggota Pokdarwis Sendang Arum, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Tlahap. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisi kualitatif dengan langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran Pokdarwis Sendang Arum; a. Memperkenalkan, melestarikan, dan memanfaatkan pontensi wisata; b. Mengelola pariwisata; c. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota serta masyarakat; d. Menjalin kerjasama dengan organisasi lain. 2) Faktor pendukung Pokdarwis Sendang Arum, yaitu: dukungan Pemerintah Kabupaten Temanggung, sumber daya alam yang melimpah, sumber daya manusia, peninggalan kebudayaan Mataram Kuno dan kearifan lokal yang tetap dilestarikan. Sedangkan Faktor penghambatnya, yaitu: Kurangnya partisipasi masyarakat dan kurangnya kesadaran serta aktualisasi masyarakat terhadap sapta pesona. 4) Dampak peran Pokdarwis Sendang Arum, yaitu: Salah satu Desa Wisata terbaik, pendapatan Desa Wisata Tlahap dan jumlah kunjungan wisatawan meningkat, serta dapat membuka lapangan pekerjaan. Kata Kunci: Peran, Kelompok Sadar Wisata, Pengembangan Potensi Wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:23
Last Modified: 30 Jan 2019 09:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37147

Actions (login required)

View Item View Item