UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLEDI KELAS IV SD SEKARSULI YOGYAKARTA

Yuliana, Yuliana (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLEDI KELAS IV SD SEKARSULI YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yuliana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa ranah kognitif dan ranah afektif kelas IV SD Sekarsuli dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan di SD Sekarsuli. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantatif untuk menganalisis data hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Sekarsuli, dengan hasil: a) skor rata-rata hasil belajar IPS ranah kognitif pada pra tindakan sebesar 54,25 meningkat sebesar 20,93 setelah siklus I yang mepunyai nilai rata-rata 75,18 meningkat lagi sebesar 6,35 menjadi 81,53 pada siklus II, dan b) skor rata-rata kelas ranah afektif setelah dilakukan siklus II yaitu 33,84 dengan kategori “Sangat Baik” dan pada lima aspek yang diobservasi mempunyai kriteria ≥ “Baik”. Kata kunci: crossword puzzle, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36940

Actions (login required)

View Item View Item