PERBEDAAN PARTISIPASI SISWA KELAS X ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN YANG MENGGUNAKAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMK KESEHATAN CITRA SEMESTA INDONESIA

Kumalasari, Fitri (2016) PERBEDAAN PARTISIPASI SISWA KELAS X ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN YANG MENGGUNAKAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMK KESEHATAN CITRA SEMESTA INDONESIA. S1 thesis, FIS.

[img] Text
Skripsi Full 09401244010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan partisipasi siswa antara yang menggunakan model Everyone is a Teachers Here (ETH) dengan yang menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas X dalam pembelajaran PKn di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia, pada bulan Desember 2015-April 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia dengan jumlah seluruhnya 64 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dan terpilih kelas X Farmasi sebagai kelas eksperimen dan kelas X Perawat sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Uji coba instrumen meliputi Uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment yang menunjukkan instrumen lembar observasi dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk penelitian. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crornbach yang menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,980, sehingga dinyatakan reliabel dan layak digunakan untuk penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan partisipasi siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran Everyone is Teachers Here (ETH) dan yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas X di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari nilai t-hitung pada partisipasi siswa sebesar 2,265 dan t-tabel pada df 62 sebesar 2,000 dan nilai signifikansi sebesar 0,027 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,027

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2016 03:07
Last Modified: 30 Jan 2019 09:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35901

Actions (login required)

View Item View Item