PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU BESAR PADA SISWA KELAS IB SD NGOTO TAHUN AJARAN 2015/2016

Nikmah, Anis Sitatun (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU BESAR PADA SISWA KELAS IB SD NGOTO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anis Sitatun Nikmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas IB SD Ngoto masih rendah. Hal ini ditandai dengan siswa masih menirukan kalimat yang dibaca guru tanpa memperhatikan kalimat yang dibaca, dan siswa belum memperhatikan lafal serta intonasi dalam membaca. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media buku besar pada siswa kelas IB SD Ngoto tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SD Ngoto tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 30 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan proses dan hasil yang diperoleh dari penggunaan media buku besar terhadap keterampilan membaca permulaan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi rating scale dan soal tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penggunaan media buku besar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas IB SD Ngoto tahun pelajaran 2015/2016. Hal itu terbukti pada pratindakan persentasenya KKM dari 36,67%, pada siklus I meningkat menjadi 60% dan menjadi 86,67% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pada pratindakan aspek lafal dan intonasi masih kurang dengan skor rata-rata 10,43 dan 10,16. Pada siklus I aspek lafal dan intonasi dalam membaca permulaan meningkat menjadi 14,60 dan 13,50. Pada siklus II aspek lafal dan intonasi meningkat mencapai 15,60 dan 15,21. Aspek ketepatan, kelancaran dan kejelasan suara rata-rata skor pada pratindakan sebesar 11,23, 11,06 dan 11,73. Peningkatan rata-rata skor aspek ketepatan, kelancaran dan kejelasan suara pada siklus I yaitu 14,87, 14,46 dan 14,91. Pada aspek ketepatan, kelancaran dan kejelasan suara siklus II, rata-rata siswa mencapai 16,68, 15,77 dan 16,53. Begitu juga hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 54,16% dan mengalami kenaikan menjadi 84,37% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media buku besar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35634

Actions (login required)

View Item View Item