Manajemen Kurikulum Program Unggulan di Sekolah Dasar Mutiara Persada Yogyakarta

Ratriyani, Chatarina Ari (2016) Manajemen Kurikulum Program Unggulan di Sekolah Dasar Mutiara Persada Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chatarina-ari-10703251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) manajemen kurikulum program unggulan di SD Mutiara Persada Yogyakarta dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) hambatan yang dihadapi program tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan/pendiri sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru kelas yang menangani program unggulan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data mengacu pada pernyataan Creswell (2008) yaitu penelitian sah melalui uji kredibilitas menggunakan strategi triangulasi. Data dianalisa secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan kurikulum program unggulan sejalan dengan kerangka Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang menggunakan pilihan kurikulum yang fleksibel dan sejalan dengan visi dan misi sekolah. Perencanaan dilakukan oleh tim guru kelas setiap awal semester berupa gambaran tentang program pelaksanaan teknis dan bentuk evaluasi. (2) Pelaksanaan kurikulum program unggulan dilaksanakan sebagai bentuk penguatan proses pembelajaran yang sejalan dengan pelaksanaan program reguler dan diharapkan menjadi daya tarik keunikan sekolah. Pelaksanaannya selaras dengan visi dan misi sekolah, karakteristik peserta didik, pengembangan jiwa kewirausahaan, dan peningkatan mutu sekolah. (3) Evaluasi kurikulum program unggulan merupakan bentuk pertanggungjawaban atas pengembangan diri peserta didik yang bersifat mendukung dan memberikan nilai tambah bagi peserta didik. Evaluasi atas program unggulan dilakukan secara terus-menerus dalam kerangka prinsip manajemen yang efektif dan efisien. (4) Faktor penghambat yang dihadapi adalah: (1) kurangnya monitoring kepala sekolah dalam menyelaraskan perbedaan pandangan antar guru, (2) minimnya keterlibatan guru-guru agama dan guru Bahasa Mandarin dalam perencanaan program, (3) kurangnya dukungan sarana dan prasarana sekolah dalam pelaksanaan program unggulan karena keterbatasan dana dan perbedaan kreativitas guru, (4) tuntutan beban kerja yang tumpang tindih bagi para guru dan minimnya pelatihan atau training bagi guru. Saran untuk mengatasi hambatan, antara lain: (1) perlunya peningkatan komunikasi dan kerja sama intensif para guru dalam menyelaraskan perbedaan dan melibatkan semua pihak yang berkepentingan, (2) pentingnya pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran dan pemahaman bahwa program reguler dan program unggulan sekolah harus berjalan selaras dan saling mendukung

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum, program unggulan, perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:01
Last Modified: 19 Dec 2022 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35271

Actions (login required)

View Item View Item