Pengembangan Instrumen Penilaian Practical Skills IPA Peserta Didik SMP

Kholidah, Lilik Nur (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Practical Skills IPA Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lilik-nur-kholidah-14708259011.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan (1) kelayakan instrumen penilaian practical skills IPA peserta didik, dan (2) deskripsi penguasaan practical skills IPA peserta didik kelas VII E SMP N I Wonosari dan kelas VII E SMP N 1 Paliyan menggunakan instrumen penilaian practical skills IPA yang dikembangkan. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall (1983) yang dipadukan dengan model pengembangan instrumen oleh Mardapi (2012). Tahap pengembangan instrumen dalam penelitian ini meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba awal, (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk akhir, dan (8) diseminasi. Subjek uji coba awal adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonosari, SMP N 1 Karangmojo, dan SMP N 1 Paliyan Kabupaten Gunungkidul. Subjek uji coba lapangan yaitu peserta didik kelas VII E SMP N 1 Wonosari dan peserta didik kelas VII E SMP N 1 Paliyan. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes. Instrumen, yang telah divalidasi secara teori diujicobakan terhadap 269 peserta didik dari 3 SMP di Kabupaten Gunungkidul. Data dikotomus dianalisis menggunakan model Rasch dengan bantuan software winsteps 3.73. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Instrumen yang dikembangkan dikatakan valid secara teori, dan secara empirik terdapat 46 butir soal yang cocok atau fit dengan model Rasch; instrumen memiliki reliabilitas sebesar 0,96 yang berada pada kategori istimewa; nilai reliabilitas instrumen berdasarkan kurva SEM menunjukkan bahwa instrumen memiliki reliabilitas yang tinggi jika digunakan untuk mengukur peserta didik dengan abilitas di atas - 1,2 dalam skala logit; dan memiliki tingkat kesulitan butir antara -2,89 sampai 2,35. (2) Penguasaan practical skills IPA peserta didik SMP 1 Wonosari dan SMP 1 Paliyan berturut-turut mulai dari yang tertinggi adalah observational skills (23,77%), procedural and manipulative skills (22,42%), drawing skills (15,09%), serta reporting and interpretative skills (13,21%)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian, practical skills IPA, instrumen penilaian
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:48
Last Modified: 09 May 2019 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35264

Actions (login required)

View Item View Item