LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Agus Tri Setiyono, Agus Tri Setiyono (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN AGUS ALL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan progam studinya. Secara umum tujuan praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah menerapkan berbagai kemampuan professional kegiatan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata dengan manfaat mempertajam daya nalar dalam menelaah, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah. Pelaksanaan PPL di MAN Yogyakarta III dilaksanakan selama 5 minggu sejak tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Mahasiswa mendapat kesempatan mengajar mata pelajaran sosiologi dengan jadwal mengajar di kelas XIIS 1 pada hari kamis jam ke 8-9 dan hari jumat jam ke 5-6, kelas X-IIS 2 pada hari rabu jam ke 4-5 dan hari sabtu jam ke 8-9, kelas X-IIS 3 pada hari jumat jam ke 4-5 dan hari sabtu jam ke 4-5. Minggu pertama PPL, mahasiswa mengikuti kegiatan belajar mengajar guru pembimbing dalam kelas dan konsultasi mengenai kegiatan belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan didampingi guru pendamping. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan pembelajaran antara lain pembuatan RPP dan media pembelajaran. Metode yang digunakan antara lain ceramah, diskusi, jawab, dan penugasan/ resitasi serta selalu dilengkapi dengan pemberian tugas di akhir kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2015 di MAN Yogyakarta III memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL 2015, MAN Yogyakarta III, Mengajar, Sosiologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35199

Actions (login required)

View Item View Item